JS Awetive - шаблон joomla Joomla

Seminar Nasional Jurnalistik

UNIHAZ BENGKULU - Komunitas Menulis Bengkulu mengadakan Seminar Nasional Jurnalistik di Aula Unihaz lantai 3 pada Sabtu (22/9/2018). Acara ini berlangsung meriah dan memukau ratusan peserta yang hadir.

Seminar Nasional Jurnalistik ini mengundang enam pemateri hebat yakni Ranti Putria dari TVRI Bengkulu, Rudi Nurdiansyah dari Pedoman Bengkulu, Tangguh Sipria Riang dari Ragam Post, Eugene Kau Situ dari Kompas TV, Indah Soraya dari People Publisher, Sahyarudin dari RRI Bengkulu.

Ada sekira 200 peserta yang berasal dari UNIB, UNIHAZ, IAIN, Poltekkes, SMAN 3 Bengkulu dan Dehasen. Bakal ada doorprize, voucher Rp100 ribu ikan bakar jingkrak dan lainnya teruntuk peserta yang dapat menjawab pertanyaan.

Wakil Rektor 1 Unihaz Dr. Edwar, M.Pd, sangat mendukung kegiatan Seminar Jurnalistik ini. “Kegiatan ini sangat bagus, dapat mengenalkan pada adik-adik apa itu jurnalistik dan dapat menulis sesuatu, menemukan sesuatu dan menyampaikan sesuatu yang bermanfaat untuk khalayak,” ungkap Wakil Rektor 1 Unihaz.

 

Dilanjutkan, Ikhsan Hasibuan sebagai Ketua Komunitas Menulis Bengkulu (KMB) berharap Bengkulu menghasilkan Orang-orang yang tertarik pada Jurnalistik.

“Bengkulu butuh banyak wartawan, melalui seminar ini semoga dapat menemukan orang-orang yang tertarik pada dunia jurnalistik,”

Ikhsan juga menambahkan jika ada yang ingin bergabung dengan KMB maka tentu akan diterima, selain itu anggota KMB juga dapat mempublikasikan tulisannya karena KMB bekerjasama dengan beberapa media online. Hal tersebut sejalan dengan motto KMB yaitu Feel, Write, Share.

“Menulis itu tidak susah dan tidak menyusahkan,” ujar Ketua KMB.

Dalam penyampaian materi, Rudi Nurdiansyah sebagai pembicara dari Pedoman Bengkulu menyampaikan Sejarah dan Perkembangan Jurnalistik. Hubungan antara pers adalah memengang kunci kesadaran masyarakat, Kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus akan menjadi kan sebuah watak.

“Bisa karena terbiasa, jurnalistik merupakan salah satu pilar demokrasi yang selalu mengiringi perubahan-perubahan besar dalam masyarakat,” ujarnya dalam menyampaikan materi.

Berjalannya waktu dunia jurnalistik memang mengalami perkembangan, misalnya perkembangan jurnalistik kontemporer. Jurnalistik adalah kebenaran, loyalitas pertama jurnalistik adalah kepada warga, esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi, jurnalistik harus tetap independen dari pihak yang mereka liput, sebab berita yang sehat akan menyehatkan rakyat.

Materi dilanjutkan oleh Ranti Putria yakni pembicara dari TVRI Bengkulu, membahas mengenai, “Menjadi Presenter Itu Asyik”. Presenter televisi harus memiliki, Impian, Wawasan (organisasi, seminar, membaca), Suara (cempreng, berat, sengau, serak, logat daerah), Keahlian berkomunikasi, dan Sikap.

Ranti juga memberikan, kiat-kiat praktis sebelum on air. Yaitu, persiapan fisik (tidur, makanan, olahraga, vitamin), pendekatan (kru, peserta, narasumber), pelajari materi (run down, kata-kata sulit), penampilan (pakaian,make up).

Acara dilanjutkan dan diisi oleh pemateri lainnya. Berakhir tepat pukul 12.00 siang, kegiatan yang diselenggarakan oleh KMB ini pun berjalan dengan lancar.

Contact us

Universitas Prof. DR. Hazairin SH.
Kampus I
Jalan Jendral Ahmad Yani No 1 Bengkulu - 38115
Telp/Faks. 0736 20956

Kampus II
Jalan Jendral Sudirman No 185 Bengkulu - 38117
Telp. 0736 344918, Faks. 0736 20956

JoomShaper